DISPLAY, DISPLAY, DISPLAY

Woow…luar biasa, pemandangan yang ada di kelas berubah seketika. Saatnya display…!. Lho, Ada Apa?.  

Ternyata, kegiatan ini hal yang lumrah pada setiap pergantian tema pembelajaran. Setiap kelas di setiap level yang berbeda dengan tema yang sama menentukan sub tema untuk diekspos dalam bentuk display yang beragam.  

Saat ini, kami dalam tujuh minggu ke depan akan mengekspos tema SELAMATKAN BIOMA KITA! Dengan judul “Sharing the Planet” (Berbagi Planet) dan level kelas kami ada yang mengekspos tentang “Dunia Bawah Laut”, “Padang Pasir”, dan “Hutan Hujan Tropis”. Sebenarnya banyak pilihan berbagai jenis bioma yang dapat diekspos oleh anak-anak namun kami menyerahkan pilihan berbagai bioma tersebut pada anak-anak. Sehingga ini akan menjadi sebuah kebutuhan dan tantangan bagi mereka untuk mengenal lebih jauh bioma yang mereka pilih. 

Munculnya karya anak-anak dikelas yang ditampilkan bersama tentunya dilatarbelakangi oleh berbagai kegiatan yang menghasilkan sebuah display cantik dan informatif. Kegiatan-kegiatan tersebut diawali dengan pemberian informasi yang menggugah mengenai tema yang dilengkapi dengan berbagai sumber dari mulai buku-buku, CD, situs-situs dan lain-lain seputar tema bioma. Kemudian, dengan meluncurkan beberapa pertanyaan pancingan, semua anak-anak bereaksi untuk melakukan riset di berbagai media, mendiskusikannya dan lalu membuat laporan. Akhirnya ekspresi luar biasa dari kami; anak-anak serta para guru, dinyatakan dalam kegiatan display di kelas. Semua anak berkarya, berkreasi, energi mereka terhisap dalam kegiatan ini, terkadang sampai mereka tidak mau pulang padahal jam pulang telah tiba.

Seperti di salah satu kelas kami, bila anda memasukinya, nampak seekor ular Anakonda melilit LCD di langit-langit kelas, kemudian sejumlah pohon yang pernah anda lihat di hutan hujan dilengkapi dengan berbagai binatang. Dan, yang terpenting adalah sejumlah informasi dan tulisan persuasif dari kelas kami untuk menjaga hutan, larangan eksploitasi hewan dan ajakan untuk bertindak menyelamatkan bioma. Wah, pokoknya seru deh…! 

Di kelas lain, anda bisa memasukinya dengan nuansa padang pasir dengan pohon kaktus dan penghuni ekosistem lainnya. Semua detailnya digarap oleh anak-anak dan para guru dengan penuh antusias. Dan hasilnya…!, semua orang yang melihat, aduuuh bagus bangeeet…!  

Satu hal lagi yang perlu diinformasikan “Dunia bawah Laut” dengan keanekaragaman hewan dan tumbuhan yang hidup disetiap “layer” di samudra dapat menggoda anda untuk menatap lebih lama. Tapi, jangan khawatir, tatapan anda akan dibatasi oleh informasi persuasif yang penuh dengan ajakan penyelamatan bioma laut, dan bukan menghancurkannya.

Pokoke,  baguuus banget! Dan, sampai ketemu tema berikutnya!

3 Tanggapan

  1. Saya pribadi tertarik dengan nuansa kehidupan laut di kelas ibu Rina, serasa ada di sea world saja.

  2. Iiiih…jadi pengen liaaat….

  3. Alangkah lebih dahsyatnya jika disertakan juga foto2 display dikelas anda sehingga kitapun dapat ikut merasakan kedahsyatan yang anda ciptakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: