Singing can be used as a teaching tool

dsc02255.jpg 

This article appeared in The Jakarta Post on Sunday, March 9th, 2008 on page 29. Ibu Carmel is one of the Expatriate Teachers for Year 4 at SGJ. We would like to thank her for permitting us to translate this article and publish it in our blog.Bernyanyi Sebagai Alat Untuk Mengajar

Oleh Carmel Simojoki 

Bernyanyi adalah cara yang sangat baik untuk belajar dan murid-murid kelas 4 diberbagai sekolah sangat menyukainya. Dalam mengajarkan bahasa inggris sebagai bahasa kedua, bernyanyi adalah alat yang sangat berharga. Sayangnya, hal ini hanya disadari oleh para guru Early Childhood, akan tetapi hal ini dapat diterapkan pada anak-anak dari berbagai usia. Murid-murid saya sangat antusias dalam hal bernyanyi. Walaupun mungkin mereka tidak menyadarinya, intonasi dan ritme dari Bahasa Inggris dilatih secara terus-menerus ketika mereka menyanyikan lagu-lagu favorit mereka.

 dsc02269.jpg

Bahasa Inggris, walaupun kompleks dan sulit, memiliki pola-pola tertentu dan dengan menyanyikan lirik lagu secara berulang-ulang pola-pola ini ditanamkan dalam benak mereka. Kosa kata baru diperkenalkan dalam lingkungan yang informal dan santai. Ketika murid-murid saya bernyanyi dan mempelajari lagu-lagu, mereka merasa santai dan pikiran mereka terbuka. Lirik dari sebuah lagu dapat memberikan konteks untuk kosa kata baru dan juga mengingatkan apa arti dari kosa kata baru tersebut. Saya memilih lagu-lagu dimana kata-katanya berada dalam struktur kalimat yang baik dan benar. Tata bahasa seringkali merupakan hal yang sulit untuk dipelajari dan ini bisa membuat murid-murid merasa bosan dan tidak tertarik. Dengan lagu-lagu dan nyanyian, murid-murid menikmati menggunakan lirik dari lagu sebagai contoh dari peraturan tata bahasa Inggris. Pembelajaran berada dalam konteks yang nyata sehingga lebih berarti dan lebih mudah untuk diingat. Ketika saya menggunakan nyanyian sebagai alat untuk mengajar, murid-murid seringkali untuk diminta untuk mengidentifikasi dan melatih peraturan tata Bahasa Inggris yang dipelajari pada sesi pelajaran yang lain. Ejaan dan diksi para murid dapat ditingkatkan. Nyanyian digunakan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan anak-anak yang memiliki kesulitan untuk berbicara atau sekedar lupa untuk menyuarakan bagian akhir dari kata-kata mereka. 

Dalam kelas bahasa saya kami telah menggunakan struktur dari berbagai lagu kami untuk membuat lirik kami sendiri. Ketika kami melakukan hal ini kami menggunakan lagu-lagu tersebut sebagaai alat untuk melatih pola-pola kalimat sederhana, frasa-frasa, dan kosa kata yang sesuai dengan struktur tata bahasa Inggris yang baik dan benar. Tidak hanya para murid diperlengkapi dengan fondasi yang kuat untuk struktur dasar dari Bahasa Inggris, mereka juga merupakan penyanyi yang hebat!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: