Icebreakers ideas

Di awal tahun ajaran, biasanya kami melakukan berbagai permainan “pencair suasana” atau yang disebut Icebreakers. Permainan-permainan ini bertujuan agar siswa/i dapat saling mengenal satu sama lain, begitu dengan guru. Berikut ini adalah beberapa permainan populer yang sering dimainkan dimanapun.

·         Mintalah siswa/i anda untuk mengamati siswa/i lainnya di kelas tsb sejenak, kemudian mintalah mereka untuk mencari 2 hal yang sama yang dimiliki semua siswa/i. Diskusikan hasil penemuan ini di dalam kelas.

·         Four corners : masing-masing siswa/i mendapat selembar kertas, mintalah mereka untuk membuat 4 kotak di kertas tsb. Mintalah siswa/i untuk mendeskripsikan diri mereka melalui gambar di setiap kotaknya. Adapun instruksi-instruksi yang dapat anda berikan dapat adalah (sebagai contoh) : di pojok kiri atas gambarlah tempat favorit kalian, di pojok kanan atas gambarlah binatang favorit kalian, di pojok kiri bawah gambar hal terpenting yang pernah terjadi di hidup kalian dan di pojok kanan bawah gambarlah anggota keluarga kalian. Berilah waktu 5-10 menit bagi siswa/i anda untuk menggambar dan kemudian mereka dapat menunjukan gambar-gambar tsb di depan seluruh kelas (sohw and tell).

·         Diagram Venna : bagilah siswa/i anda ke dalam kelompok yang terdiri dari 3-4 orang. Di selembar kertas kecil, mintalah mereka untuk menulis tentang mereka ( hobby, makanan/minuman/mainan/warna favorit dll). Kemudian mintalah mereka untuk membuat diagram Venna tentang persamaan dan perbedaan mereka di kertas besar, masing-masing anak menggunakan spidol dengan warna yang berbeda.

·         Guessing game : Permainan ini sangat berguna bagi kelas yang mempunyai jumlah murid yang banyak sehingga durasi berinteraksi sangat terbatas. Beritahu siswa/i anda bahwa anda akan menyebutkan beberapa hal tentang diri anda dan mencoba menebak beberapa dari mereka yang memiliki kesamaan. Sebagai contoh, “ saya lahir di Jakarta, saya kira 25 anak di kelas ini yang  lahir di Jakarta” . Mintalah siswa/i untuk mengangkat tangan jika benar, dan anda dapat menghitung berapa jumlah anak yang lahir di Jakarta. Dengan permainan singkat ini, anda dapat mulai mengenal siswa/i anda dan begitu juga mereka dapat mengetahui sedikit informasi tentang anda.

·         Find your group :  buatlah nama-nama binatang ( hanya 5 jenis misalnya: ayam, sapi, kambing, kucing dan kelinci)  di potongan-potongan kertas sejumlah murid kelas.  Tempelkan nama-nama binatang di bawah setiap kursi di dalam kelas. Setelah itu, mintalah setiap siswa/i untuk mencari kertas di bawah kursi masing-masing anak dan mintalah mereka untuk menemukan kelompoknya tanpa bersuara atau menunjukan potongan kertas yang mereka miliki (mereka dapat meniru gerak binatang-binatang itu). Setelah semua anak menemukan kelompoknya, mintalah mereka untuk saling mengenalkan diri.

  • Famous places : mintalah siswa/I untuk menulis nama (sebagai contoh) tempat wisata di Indonesia di secarik kertas. Kemudian mereka harus menempelkan kertas itu di punggung temannya. Jika semua punggung siswa/i sudah tertempel kertas, mereka mulai berkeliling kelas dan bertanya kepada orang yang mereka temui. Pertanyaan hanya boleh dijwab dengan “iya” atau “tidak”. Tentunya permainan akan berakhir jika semua siswa/i dapat menebak nama tempat wisata tsb.

 

  • Mengingat nama : mintalah siswa/i anda untuk duduk membuat lingkaran. Anda dapat duduk diantara mereka.Mulailah dengan menggelindingkan bola karet kea rah salah satu murid dan sebutkan nama anda. Murid tersebut menangkap bola, mengelindingkannya lagi ke arah lain sambil mengatakan namanya dan nama anda. Begitu terus sampai semua murid mendapat giliran.

·         People bingo : Buatlah kotak-kotak di sebuat kertas (misalnya 5 baris dan 5 kolom). Masing-masing kotak memuat satu kalimat seperti ” saya anak tunggal” atau ”saya pernah pergi ke Bali”  atau ” saya suka es krim coklat” dsb. Bagikan kertas tsb ke sejumlah siswa/i yang ada di kelas anda. Setelah itu, mintalah mereka untuk berkeliling kelas meminta tanda tangan di setiap pernyataan yang benar. Setiap anak hanya boleh menandatangani 1 kotak. Dalam jangka waktu10 menit, siapa yang bisa memenuhi semua kotaknya dengan tanda tangan adalah pemenangnya.

 

4 Tanggapan

  1. Bapak dan Ibu,
    Hal-hal diatas juga bisa digunakan saat pelatihan guru-guru.

    Betul sekalee…..:)

  2. “…saya pernah memprktekan teknik ini dikelas di satu sekolah ternyata anak-anak begitu antusias…” Sepertinya saat itu guru dan para murid tersenyum tiada henti…semoga senang terus…dan terus senang”

  3. seru!!! saya guru gagasceria bandung

  4. inti permainannya sebenarnya apa?misalnya permainan ini membahas tentang apa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: