Penggunaan Mathletics untuk menunjang pengajaran matematika

Beberapa waktu yang lalu Sekolah Global Jaya mendapat kesempatan untuk mencoba Mathletics (www.mathletics.com) sebagai alat bantu belajar dalam pelajaran matematika. Dikarenakan kami mendapat kesempatan untuk mencoba versi trial dari Mathletics, maka hanya 2 kelas yang mendapat kesempatan yaitu kelas Ibu Endang (kelas 6) dan kelas Pak Dan (kelas 4A dan 4B). Sekolah kami mendapat kesempatan untuk mencoba menggunakan program ini selama dua minggu.

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang Mathletics:

  • Mathletics adalah situs matematika yang paling sering digunakan di dunia, lebih dari 2000 sekolah dan 500.000 murid di seluruh dunia menggunakannya.
  • Kurikulum dalam Mathletics mencakup seluruh topik yang ada dalam matematika, meliputi sekitar 750 kegiatan belajar bagi murid-murid umur 5 – 18 tahun.
  • Mathletics dapat mendeteksi kelebihan dan kelemahan murid-murid dengan akurat dan dalam proses belajar di Mathletics murid dapat mengetahui dengan segera jika mereka berada dalam jalur yang tepat.

· Mathletics terdiri dari dua bagian, yaitu Full Curriculum Section dimana murid-murid dapat mempelajari topik-topik matematika yang mereka belum kuasai. Bagian yang lain adalah Live Mathletics, dimana pada bagian ini murid-murid dapat berlomba dengan murid-murid lain di seluruh dunia secara real time dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan.

Berikut adalah brosur tentang Mathletics dari http://www.mathletics.com:

Berdasarkan pengalaman saya dalam menggunakan situs ini dalam mempelajari matematika, kelebihan terbesar Mathletics adalah situs ini membuat pembelajaran matematika menjadi sangat menyenangkan bagi para murid. Murid-murid menjadi sangat termotivasi dan sangat fokus selama belajar di Mathletics. Hal ini sangat menggembirakan mengingat matematika masih menjadi momok bagi sebagian besar murid-murid di Indonesia pada umumnya, dan SGJ pada khususnya. Selain itu mereka juga dapat mengatur sendiri kecepatan mereka dalam mempelajari topik-topik yang ada dalam kurikulum yang disediakan di Mathletics. Mathletics juga menyediakan tutor online untuk menuntun mereka ketika mempelajari topik-topik tersebut sehingga murid-murid tidak kebingungan.

Sedangkan menurut murid-murid kelas 4A dan 4B, berikut ini adalah pendapat murid-murid kelas 4A dan 4B penggunaan Mathletics dalam pembelajaran matematika:

“I like Mathletics because it is fun and we can meet everybody in the world. Mathletics rocks!!” – William 4B

“I like Mathletics because we get to play online with kids all around the world and we also get points” – Alisa 4B

“I like Mathletics because it is fun to play it and interesting to play it with other friends” – Ria 4B

“I like Mathletics because it’s really fun and educational and you can play it anywhere because it’s in the internet.” – Jamus 4B

“I like Mathletics because it is fun and you can review what you learned a long time ago.” – Ariq 4B

“I like Mathletics because it makes me smarter in mathematics” – Leon 4A

“I like Mathletics because it’s fun and educational and help your brain” – Sam 4A

“I like Mathletics because I can improve my skills in math and I can meet other people from other country” – Jason 4A

“I like Mathletics because it is a fun way of learning math and I like it also because it is easy to understand” – Gladys 4A

“I like Mathletics because it teach me math and I can compete with people around the world” – Sarah 4A

Setelah mendapat umpan balik yang sangat positif baik dari para murid maupun para guru yang menggunakan program ini, sekolah kami sekarang tengah mempertimbangkan untuk membeli hak pakai dari program ini untuk digunakan sebagai salah satu alat bantu dalam pengajaran matematika. Bila anda tertarik untuk mencobanya dalam pengajaran anda, anda tidak perlu khawatir dengan biaya karena anda tidak dikenakan biaya sama sekali untuk menggunakan trial versionnya. Anda hanya perlu mendaftar di http://www.mathletics.com dan bila disetujui maka anda akan mendapat hak untuk menggunakan program ini selama 2 minggu penuh. Selamat mencoba!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: