Can A Left Brained Teacher Effectively Teach A Right Brained Student?

Pertanyaan ini sering sekali saya dengar. Banyak juga websites yang khusus membahas hal ini. Sebenarnya otak tidak hanya sekedar berfungsi sebagai pusat ‘pemrosesan data’ tapi juga mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi emosi kita. Otak manusia terbagi 2, otak kanan dan otak kiri. Kedua otak tersebut memang sama-sama digunakan, namun hanya 1 bagian dari otak yang dominan yang sering kita pakai. Untuk mengetahui otak mana yang lebih dominan, ada bermacam-macam tanda yang dapat dilihat. Dari berbagai artikel yang saya baca, dapat dilihat tanda-tanda tsb adalah sebagai berikut :

Karakteristik otak kanan yang lebih dominan:

          Otak kanan mengontrol bagian kiri dari tubuh

          Lebih memilih visualisasi dengan contoh

          Kreatif

          Memiliki bakat seni (musik dan seni rupa)

          Lebih memilih belajar dengan metoda eksploras

i          Tidak dapat diam dalam waktu yang lama

          Suka berkhayal

          Memecahkan masalah berdasarkan intuisi

          Tidak mudah ditebak dan spontanius

          Bagus dalam geometri

Karakteristik otak kiri yang lebih dominan:

          Berpikir dengan logika dan rasional

          Menyukai ilmu pasti

          Tidak mudah terpengaruh/terbawa perasaan

          Sangat sistematis

          Bagus dalam aljabar

          Menyukai tugas yang terstruktur dan jelas instruksinya

          Dapat diam/tenang untuk waktu yang lama

          Dapat mengekspresikan diri secara verbal 

Artikel-artikel yang saya baca juga banyak membahas bagaimana kita sebagai guru dapat mengakomodir kebutuhan siswa-siswa yang didominasi otak kanan (memberikan saran-saran apa yang harus para guru lakukan dll). Tapi, bagaimana jika situasinya terbalik? Apa yang harus dilakukan seorang guru (yang didominasi otak kanan) agar dapat memenuhi kebutuhan siswa/inya yang didominasi otak kiri?

 Hmm….saya tidak menemukan (mungkin belum) artikel yang membahas tentang ini. Suatu hari saat ”intermezzo” kelas kami membahas hal ini. Seperti biasanya, siswa/i sangat antusias membahas hal ini dan juga mengaitkannya dengan Gardner’s Multiple Intelligences. Kami hanya membahasnya selama 10 menit, tidak lebih. Namun demikian, setiap saya meminta siswa/i saya untuk lebih satai dalam mengejarkan tugas-tugas mereka, mereka menjawab ” itukan karena kita pake otak kiri, beda sama ibu yang pake otak kanan!

Perkataan mereka itulah yang memicu saya untuk mencaritahu lebih jauh mengenai otak kanan dan otak kiri. Saya juga jadi berpikir, dapatkah saya mengakomodir kebutuhan siswa/i saya? Salahkah cara yang saya pakai? Terus terang, saya jadi bingung………………..     

3 Tanggapan

  1. Tidak ada orang yang pakai otak kiri saja, atau pakai otak kanan saja. Masalahnya hanya pada mana yang dominan dipakai. Jika anda guru yang dominan dengan otak kiri, itu tidak berarti Anda tidak ‘capable’ untuk siswa yang dominan dengan otak kanan. Demikian pula sebaliknya. Mungkin betul siswa ‘kanan’ lebih ”klik” dengan guru ‘kanan’. Walaupun demikian, kita tetap harus selalu berusaha menyeimbangkan fungsi kedua belahan otak, begitu juga siswa.

    Memang benar pak… Makanya dalam artikel ini saya mengatakan setiap orang mempunyai 1 bagian otak yang dominan. Saya akui, sebagai orang yang memiliki otak kanan yang lebih dominan, terkadang saya mengalami kesulitan untuk “menyesuaikan diri” dengan siswa/i saya yang didominasi otak kiri, walaupun tidak menjadi masalah.Tadinya saya tidak “ngeh” kalau perbedaan pola pikir/cara kerja kami akibat dari otak mana yang lebih dominan sampai siswa/i saya mengatakan hal ini…
    Ya… anak-anak seumuran mereka memang sangat kritis dan mempunyai kemampuan menyerap informasi dengan sangat baik….
    Terima kasih atas komentarnya

    Cheers
    Windi

  2. eko dah buat situs yang baru kunjungi ya

    3-MEDIA
    http://eko.coolpage.biz

  3. […] link-kan dengan bacaan-bacaan tentang kerja otak kanan dan kiri, misalnyan: dengan situs ini, atau ini, atau ini, atau ini, atau ini, Posted in Uncategorized | Leave a […]

Tinggalkan Balasan

