Memaksimalkan Peran Kursus-Kursus

A

pakah anda mengikutkan anak-anak anda pada kursus-kursus seperti kursus matematika, bahasa Inggris, berenang, dan lain-lain? Dewasa ini bukan hanya di Indonesia pada khususnya, namun di Asia pada umumnya para orang tua mengikutkan anak-anak mereka pada kursus-kursus. Motif para orangtua tersebut pada umumnya bermacam-macam, mulai dari sekedar menyalurkan energi anak-anak mereka untuk melakukan sesuatu yang positif sampai agar anak-anak mereka menjadi yang terbaik dalam pelajaran-pelajaran disekolah dan memungkinkan mereka diterima disekolah yang terbaik. Hal ini tidaklah salah namun harus diingat bahwa kursus-kursus tersebut fungsinya hanya sebagai alat untuk membantu anak-anak kita mengeluarkan kemampuan terbaiknya, sedangkan para orangtualah yang memiliki peranan terpenting dalam pendidikan anak-anak mereka.

Lalu bagaimanakah caranya para orang tua memilih kursus-kursus yang terbaik dalam menunjang pendidikan anak-anak mereka dari sekian banyak tempat kursus yang ada di Indonesia? Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa anda lakukan dalam memilih dan memaksimalkan peran kursus-kursus tersebut:

· Fokuslah pada bagian-bagian dimana anak anda memerlukan bantuan, misalkan bila anak anda lemah dalam matematika maka ikutkan anak anda pada kursus matematika saja, karena anak-anak sebaiknya mengambil kursus bila mereka BENAR-BENAR membutuhkannya karena mereka tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah.

· Hindari kursus-kursus yang memberikan bahan-bahan pelajaran yang lebih tinggi dari pelajaran-pelajaran di sekolah karena ditakutkan mereka akan cepat bosan dengan pelajaran-pelajaran disekolah.

· Carilah kursus-kursus yang menawarkan pengajar-pengajar yang mampu memberikan perhatian secara khusus untuk anak anda sehingga para pengajar tersebut mampu mengetahui secara terperinci kebutuhan anak anda, mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin timbul serta membantu anak anda untuk belajar dalam ritme anak anda sendiri.

· Berbicaralah pada kepala sekolah atau para guru dari tempat kursus tersebut untuk mengetahui apakah filosofi dan nilai-nilai yang mereka anut sejalan dengan apa yang anda yakini.

· Berbicara pada para orangtua murid yang lain dan murid-murid pada tempat kursus tersebut untuk mengetahui pendapat mereka tentang tempat kursus tersebut. Sebuah tempat kursus dapat dikatakan sebagai tempat kursus yang bagus apabila para muridnya bersemangat untuk datang ke tempat kursus tersebut.

· Jangan terperangkap dengan mempercayai bahwa kesempurnaan dalah bidang akademis dapat dicapai dengan belajar keras. Hanya anak-anak yang bahagia dan seimbang dengan orang tua yang terlibat dalam hidup merekalah yang memiliki kemungkinan terbesar untuk memiliki rasa kecintaan akan belajar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: