Class Agreement

Saat awal tahun, kami selalu membuat kesepakatan kelas. Kesepakatan tersebut kami diskusikan bersama-sama. Tahun ini, kami mencoba untuk membuat “kesepakatan kelas” yang agak berbeda dari yang biasanya kami buat. Kami mencoba untuk menerapakan “ilmu baru” yang kami peroleh saat pelatihan guru di sekolah kami.

Sebenarnya, cara membuat kesepakatan kelas tetap sama hanya kami memilih poin-poin penting untuk didiskusikan dan dikembangkan. Misalnya :Hormat. Kami meminta siswa/i kami untuk membuat kelompok kecil dan berdiskusi apa artinya “hormat” dan tindakan-tindakan apa saja yang merepresentasikan kata HORMAT. Setelah itu masing-masing kelompok menyampaikannya di depan kelas dan kami para guru mencatat hasil dari diskusi tersebut. Kemudian kami memilih kata KERJASAMA” dan mereka mengulang lagi proses yang sebelumnya mereka lakukan. Begitu terus sampai semua poin sudah kami bahas dan semua sudah menyampaikan inspirasi.

Setelah itu kami juga mendiskusikan hal-hal lain yang menjadi kebiasaan kelas. Seperti setiap minggu, kami menunjuk 2 orang murid untuk menjadi “ketua”. Tugas mereka adalah untuk memastikan setiap siswa/i ada pada barisan (tidak berbicara, tidak bercanda dll) saat mereka harus pergi ke kelas guru-guru spesialis ( olahraga, musik, seni, IT dll) yang tempatnya agak jauh dari kelas mereka. Kami juga mempunyai jadwal piket, setiap hari ada 4-5 anak yang bertugas memimpin doa sebelum/sesudah kelas, membagikan/mengumpulkan buku kerja siswa/i serta memastikan kelas dalam keadaan bersih saat mereka pulang.

Satu Tanggapan

  1. Menarik sekali apa yang telah dilatihkan kepada para siswa. dari sini siswa dilatih menentukan rule (aturan) kelasnya sendiri dan menjaga serta melaksanakannya. Patut dicontoh oleh rekan-rekan guru………..Saluuut!!!

    Terima kasih🙂
    Oleh sebab itu kami menyebutnya “kesepakatan kelas” bukan “peraturan kelas” karena ini merupakan hasil diskusi guru dan siswa serta disepakati bersama.

    cheers
    year 4 team

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: