Text type

Teks adalah sebuah tulisan bisa berupa pesan, puisi, novel, artikel, resep masakan dan masih banyak lagi. Saat membaca sebuah tulisan biasanya kita berpikir apa sebenarnya tujuan dari penulisan tersebut atau mengapa tulisan itu dibuat. Ada 6 macam tipe teks yang kami ajarkan kepada siswa/i kami. Adapun tujuan dari penulisan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Penulisan eksposisi
  • Penulisan laporan
  • Penulisan prosedur
  • Penulisan narasi
  • Penulisan recount atau memceritakan kembali
  • Penulisan eksplanasi

 

Penulisan eksposisi

Tujuan utama dari penulisan ini adalah untuk menyampaikan sesuatu pada pembaca dan menyakinkan pembaca untuk mempercayai opini dan argumentasi yang tertulis. Berbeda dengan persuasi yang cenderung mempengaruhi emosi pembaca, ekposisi mempengaruhi logika (dengan memberikan fakta-fakta yang teruji kebenarannya). Adapun kerangka penulisannya adalah sebagai berikut:

Pendahuluan: yang bertujuan untuk menyampaikan pandangan penulis tentang suatu topik memberikan gambaran tau penjelasan singkat tentang topik tsb.

Penjelasan:   yang berisikan argumentasi positif maupun negatif berdasarkan fakta-fakta yang ada. Semuanya fakta-fakta ini dijelaskan dan dijabarkan dengan sangat menarik sehingga pembaca dapat terpengaruhi.

Kesimpulan:  pada tahap akhir, penulis menekankan lagi sudut pandangnya dan menyakinkan pembaca tentang opininya tersebut.

 

 

Penulisan laporan

 

Tujuan dari penulisan laporan adalah untuk memberi informasi dan fakta tentang suatu topik tapi tidak memberikan penjelasan mengapa atau kenapa. Penulisan laporan biasanya memuat hal-hal sebagai berikut:

·        diawali oleh kalimat pembuka yang mengenalkan suatu topik

·        memuat fakta-fakta dari berbagai aspek. Fakta-kata tersebut dirangkai dalam kalimat dan disusun paragraf per paragraf.

·        memuat foto, diagram, ilustrasi, peta dll yang mendukung tulisan.

·        teks berbentuk laporan tidak memeliki kesimpulan, walaupun diakhiri dengan pernyataan umum tentang topik yang dilaporkan/dibahas.

 

Penulisan prosedur

Tujuan dari penulisan prosedur adalah untuk memberitahu pembaca bagaimana cara membuat atau melakukan sesuatu. Informasi yang disampaikan berdasarkan urutan-urutan kejadian dari awal sampai akhir. Ada berbagai macam kegunaan penulisan prosedur, contohnya untuk:

  • menjelaskan bagaimana cara kerja suatu benda misalnya bagaimana cara kerja dvd player, komputer, mesin fax dll.
  • menginstruksikan berbagai aktivitas seperti : resep masakan, peraturan permainan, percobaan sains dll.
  • Memberikan masukan-masukan (tips) bagaimana hidup sehat, bagaimana meraih sukses dan masih banyak lagi.

Adapun kerangka penulisannya adalah sebagai berikut:

Tujuan : mengapa penulis memilih topik ini.

Bahan- bahan/ peralatan: apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung tulisan ini.

Metoda: cara membuat/melakukan yang dtulis secara urut dengan kalimat yang singkat dan jelas.

Penulisan narasi

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk merangsang daya khayal siswa/i dengan membuat cerita yang dapat menghibur pembaca. Adapaun cerita-cerita tersebut dapat berupa fantasi, berdasarkan fakta, atau bahkan gabungan antara fantasi dan kenyataan.

Adapun kerangka penulisannya adalah sebagai berikut:

Orientasi: adalah pendahuluan dimana tokoh-tokoh utama dperkenalkan. Biasanya paragraf ini memuat informasi yang menjawab siapa/apa, kapan, bagaimana dan  dimana.

Masalah: paragraf berikutnya berisikan masalah yang dihadapi tokoh-tokoh yang ada dalam cerita. Banyaknya paragraf tergantung dari kemampuan masing-masing individu mengembangkan ide utama. Siswa/i juga dapat menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung, juga menggunakan berbagai macam tanda baca yang telah mereka pelajari.

Resolusi: setiap masalah tentunya ada penyelesaiannya. Resolusi ditulis diakhir cerita. Penyelesaiannya tergantung dari khayalan masing-masing individu (bisa berakhir baik, bahagia, tidak bahagia atau buruk).

 

Penulisan recount atau memceritakan kembali

 

Penulisan teks ini bertujuan untuk menceritakan kembali cerita/kejadian yang sudah lalu berdasarkan runtutan kejadian. Recount  dapat berupa cerita berdasarkan fakta atau berdasarkan imajinasi. Recount  hampir sama dengan narasi, hanya dalam recount  penulis tidak menuliskan masalah ataupun resolusi (tidak ada klimaks).

Adapun kerangka penulisannya adalah sebagai berikut:

Orientasi: Biasanya paragraf ini memuat informasi yang menjawab siapa/apa, kapan, bagaimana dan  dimana.

Kejadian: kejadian-kejadian yang terjadi dan ditulis berdasarkan urutan waktu. Dirangkai dalam beberapa paragraf, tergantung dari panjang ceritanya.

Kesimpulan: menulis pendapat pribadi tentang semua kejadian yang telah dituliskan.

 

Penulisan eksplanasi

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau memberikan pernyataan bagaimana sesuatu bisa terjadi. Penulisan eksplanasi menjawab pertanyaan ”bagaimana” atau ”kenapa”. Sebagaimana dengan tipe teks yang lain, teks eksplanasi juga dimulai dari pendahuluan dan diakhiri dengan kesimpulan. Ada 2 jenis penulisan ini yang berfokus pada:

  • bagaimana (bagaimana terjadinya angin tornado? Bagaimana komputer dapat bekerja? Bagaimana cara kerja tulang pada tubuh manusia? dll)
  • kenapa ( kenapa makhluk hidup membutuhkan makan? Kenapa lapisan ozon semakin menipis? dll)

Kami mengajarkan tipe-tipe penulisan ini dari awal masa sekolah  (walaupun pada usia 5 – 7 tahun mereka hanya mengenal beberapa tipe penulisan saja,tidak semuanya baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris). Dengan mempelajari berbagai tipe penulisan ini secara konsisten dari tahun ke tahun, niscaya akan melatih kemampuan mereka dalam menuangkan ide dan pikiran dalam bentuk tulisan. Ini juga akan membantu mereka saat menapaki jenjang pendidikan yang lebih lanjut, dimana mereka akan dituntut untuk banyak menulis tugas/ paper.

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: