Belajar Bahasa Inggris

Sekarang ini semakin banyak anak-anak belajar Bahasa Inggris. Mereka mempelajarinya di sekolah atau dikursus-kursus Bahasa Inggris yang jumlahnya semakin banyak di Indonesia. Selain itu ada peningkatan jumlah sekolah yang mengajarkan Bahasa Inggris kepada murid-murid mereka. Mereka melakukan ini baik karena mereka menyadari pentingnya Bahasa Inggris bagi masa depan murid-murid mereka atau sekedar memenuhi permintaan dari orang tua murid. Dilain pihak terkadang motif orang tua mendorong anak-anaknya untuk belajar Bahasa Inggris bukan hanya untuk masa depan anak-anak mereka tetapi untuk mendapat pengakuan dari lingkungan sekitar bahwa mereka memiliki anak-anak yang pintar. Namun saya tidak akan membicarakan alasan kita belajar Bahasa Inggris. Saya ingin berbagi dengan anda semua tentang apa yang diperlukan untuk dapat menguasai dan berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris berdasarkan pengalaman saya selama 5 tahun mengajar Bahasa Inggris kepada anak-anak sampai orang dewasa pada salah satu tempat kursus Bahasa Inggris ternama di Indonesia.

Hal pertama yang harus dimiliki adalah SIKAP DALAM BELAJAR yang benar. Yang paling penting adalah jangan takut membuat kesalahan. Kebanyakan murid-murid saya memiliki pengetahuan yang cukup namun ketika diminta untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris mereka sering merasa ragu. Mereka merasa ragu karena mereka terlalu takut untuk membuat kesalahan. Anda harus ingat bahwa bahwa Bahasa Inggris bukan bahasa ibu kita. Bila kita berkomunikasi dengan orang Amerika/Inggris maka mereka akan maklum bila kita membuat kesalahan karena mereka menyadari hal ini, bahkan mereka akan lebih menghargai usaha yang kita lakukan untuk berkomunikasi dengan mereka menggunakan Bahasa Inggris. Selain itu hal lain yang harus diingat adalah pada dasarnya sebuah komunikasi dianggap berhasil bila kita sukses menyampaikan apa yang ingin kita sampaikan kepada lawan bicara kita. Maka oleh sebab itu kita harus menanamkan sikap pada anak-anak kita untuk tidak takut membuat kesalahan selama lawan bicara mereka menangkap maksud yang mereka ingin sampaikan. Namun anda harus tetap berusaha membimbing anak-anak anda untuk mengurangi kesalahan-kesalahan yang mereka buat.

Sikap lain yang harus mereka miliki adalah jangan mudah menyerah. Mungkin anda merasa frustrasi karena walaupun telah lama belajar Bahasa Inggris tetapi anak anda tidak mendapat kemajuan yang berarti. Anda harus ingat bahwa mungkin mereka tidak mendapat kemajuan karena cara belajar mereka yang kurang efektif. Ingatlah bahwa Bahasa Inggris bukan hanya tentang tenses semata. Menguasai seluruh tenses yang ada bukan berarti mereka mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Bagi pemula, terutama anak-anak, tidak penting bagi mereka untuk mempelajari tenses. Sebaiknya kita mengajarkan kalimat apa yang harus diucapkan dalam situasi tertentu. Misalnya bila kita ingin meminta izin untuk pergi ke toilet maka kita mengucapkan “May I go to the toilet, please?”, dst. Bisa saja kita mengajarkan tenses kepada mereka namun hanya sekedar untuk pengetahuan mereka.

Bila kita telah memiliki sikap yang benar untuk belajar Bahasa Inggris, maka hal berikut yang harus anda miliki adalah CARA YANG BENAR untuk mempelajari Bahasa Inggris. Cara pertama adalah dengan berada dalam lingkungan dimana komunikasi dilakukan dalam Bahasa Inggris. Hal yang paling mudah untuk mendapatkan hal ini tentu saja dengan tinggal dinegara yang berbahasa Inggris. Namun sayangnya tidak semua orang dapat melakukan hal ini bukan? Sebagai gantinya kita bisa masukkan anak-anak kita ke sekolah yang juga menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar atau ke tempat-tempat kursus Bahasa Inggris. Selain itu bila kita mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris sebaiknya kita mulai meluangkan waktu selama beberapa jam dalam sehari untuk berkomunikasi dengan anak-anak kita dengan Bahasa Inggris. Hal ini baik untuk membiasakan diri dan membuat mereka merasa nyaman berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Selain itu anda bisa memberi contoh secara langsung tentang cara pengucapan dan intonasi serta menambah kosa kata mereka.

Cara yang kedua adalah dengan tidak menghafal. Janganlah anda membuat anak-anak anda menghafal kosa kata dalam Bahasa Inggris seperti menghafalkan perkalian. Bila anda melakukan hal ini maka anak anda akan memiliki pengetahuan yang dangkal. Sebaiknya anda mendorong anak anda untuk banyak membaca buku-buku berbahasa Inggris. Bila mereka menemui kata-kata yang tidak mereka ketahui artinya, mintalah mereka untuk mencari artinya di dalam kamus. Dengan ini selain mereka akan mendapatkan saat-saat yang menyenangkan, mereka juga akan mengerti arti dari kata tersebut dan juga cara menggunakan kata tersebut dalam kalimat. Selain membaca buku anda juga bisa mengajarkan anak anda lagu-lagu atau menonton film dalam Bahasa Inggris untuk mendapatkan hasil yang sama. Pada intinya buatlah kegiatan belajar menjadi menyenangkan sehingga lebih mudah bagi anak anda untuk mempelajari Bahasa Inggris.

Saya yakin bila anda menerapkan semua hal ini maka anda akan mendapat banyak kemajuan dalam mempelajari Bahasa Inggris. Selamat mencoba….!!!

5 Tanggapan

  1. Baik Pak …
    saya siap menerapkan untuk putri saya di rumah

    trims tips nya

  2. good idea..
    thank’s yours saran
    i try it…..LOL
    belepotan dah ketikan my english languene

    belajar…..belajarr terusss…supaya bisa bahasa Inggris dahhh……

  3. thank’s

  4. Alhamdulillah dapat tambahan masukan. Kebetulan di sekolah kami akan diluncurkan program “English Day”.

    Terima Kasih.

    Senang dapat membantu anda…..

  5. Thanks for Your advice.
    It’s very usefull to me……..

    I’ll try to do it,,,,,,,

    Once more thanks,,,,

    CU,,,,,,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: