Main BINGO di pelajaran matematika

Siapa yang tidak pernah dengar permainan BINGO? Ada segala jenis macam permainan BINGO dari mulai yang dapat kita beli di toko-toko (lengkap dan dengan kualitas bagus) hingga yang dapat kita buat sendiri (terutama untuk pelajaran matematika). Buat sendiri?? Hahaha.. ya kalau anda mau sedikit repot, anda bisa membuat sendiri. Hanya perlu membuka Microsoft word di komputer, membuat kolom-kolom, mengisi kolom-kolom tersebut dengan angka, mencetaknya, menempelkannya di karton-karton yang sudah dipotong sesuai ukuran dan terakhir menutup/melapisi karton-karton tsb dengan selotip (supaya awet dan tahan lama). Untuk mainnya, anda bisa menyebutkan “ 12×13, 144 : 2” dan seterusnya sementara siswa/i dapat menghitung hasil dari perkalian/pembagian yang anda sebut dan jika ada angka yang sama, mereka dapat menutup angka itu dengan sepotong kertas. Repot ya?

Ada juga cara yang lebih efektif, tidak mengeluarkan energi untuk membuat dan yang penting tidak mengeluarkan biaya. Caranya mudah. Pertama, mintalah siswa/i untuk membuat kolom yang terdiri dari 9 kotak di buku tulis mereka. Kemudian, mintalah mereka untuk memikirkan angka (misalnya diatas 50 dan dibawah 600) dan menuliskan di dalam kolom-kolom yang tersedia. Setelah itu, beri instruksi permainan “saya akan menyebutkan perkalian-perkalian, kalian dapat menghitung hasilnya dan bila hasil dari perkalian itu sama dengan angka yang ada di dalam kolom kalian, silahkan coret. Siapa yang berhasil mendapatkan 3 angka yang dicoret secara urut, mendatar, menurun atau menyamping akan memenangkan permainan”. Seru kan?

Permainan ini tentunya tidak hanya terbatas pada perkalian, bisa juga pembagian, penjumlahan, pengurangan, jam dll. Ada baiknya kalau terkadang mereka tidak selalu melakukan hal-hal monoton seperti mencatat sebanyak-banyaknya soal perkalian/pembagian dari papan tulis di buku mereka. Selain itu, permainan sederhana ini dapat melatih siswa/i juga untuk dapat menghitung dengan cepat.

5 Tanggapan

  1. my only comment…WOW !:)

  2. uhmm..dapat ilmu baru lagi neh. coba aah..😀

    Silahkan…… 🙂

  3. wah guru yg ini emang kreatif, woow

  4. WOW…thank’s,,,buat nambahin makalah Quuu!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: